Mengenai Saya

Foto saya
Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Riwayat Pendidikan: 1. SDN No:2 Tanjung Bingkung, Kecamatan Kubung. Kabupaten Solok (Tamat Tahun 1992) sekarang menjadi SDN No:19. 2. MTsN Sungai Lasi Kabupaten Solok (Tamat Tahun 1995) 3. MAN 2 Gunung Pangilun, Kota Padang (Tamat Tahun 1998) 4. IKIP Padang (1998-1999) 5. UNP S. 1 Pendidikan Geografi (Tamat Tahun 2002/2003) 6. S.2 PPs UNP Pendidikan IPS Ekonomi/Geografi Riwayat Pekerjaan: 1. Pekerja Sosial Pada Rumah Singgah Sakinah Program ADB dan APBN (2002-2005) 2. LPP RRI Padang (2001-Sekarang) 3. Instruktur Smart Primagama (2001-2009) 4. Teacher DEK'S JHS (2005-2010) 5. Dosen UNP (2008-sekarang) 6. Dosen Luar Biasa STKIP PGRI Sumbar 7. Konsultan RSBI Adabiah (2009) 8. MC/Pembawa Acara, Instruktur Beragam Pelatihan, Dll 9. Pengalaman Organisasi Ketua OSIS MTsN Sungai Lasi, Ketua OSIS MAN 2 Padang, Ketua HMJ Geografi, FIS, UNP, Ketua BPM FIS UNP, Ketua Remaja BKMT Kabupaten dan Kota Solok dan Korwil Sumatera, Bendahara DPP Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI), dll

Senin, 24 Mei 2010

Tingkat Kesulitan Soal...Catatan Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran 24 Mei 2010

Catatan Kuliah Evaluasi Pengajaran Geografi
Padang, 20 Mei 2010
Disarikan oleh Nofrion Sikumbang
Buku Sumber
1.      Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Karangan Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
2.      Penilaian Berbasis Kompetensi Karangan Prof. Dr. Syafri Anwar, M. Pd

Tingkatan Kesulitan Soal dapat diurutkan dengan I,P,A   A,S,E

I. Ingatan
P. Pemahaman
A. Aplikasi
A. Analisis
S. Sintesis
E. Evaluasi

Tingkatan Soal

1.      Ingatan
Soal ingatan digunakan untuk mengukur penguasaan materi yang berupa fakta, istilah, defenisi, klasifikasi atau kategori, urutan maupun kriteria. Soal ingatan jawabannya dengan mudah dapat ditemukan dalam buku atau catatan.
Contoh:
Pernyataan Hukum Keppler I adalah;…
Hari Bumi secara internasional diperingati setiap tanggal;…

2.      Pemahaman
Untuk soal pemahaman, peserta didik dituntut hafal dengan sebuah pengertian lalu bisa menjelaskan dengan kalimat sendiri atau hafal 2 pengertian atau lebih lalu bisa memahami dan menyebutkan hubungannya.Intinya, peserta didik disamping mengingat juga berfikir.
Contoh:
Foto udara lebih rinci disbanding citra satelit
Sebab
Skala foto udara lebih besar dari skala citra satelit

3.      Aplikasi
Soal aplikasi digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah sehari-hari atau masalah yang dibuat oleh pembuat soal. Kata-kata yang digunakan/kemampuan yang dituntut adalah mengubah, mendemontrasikan, menemukan, memanipulasi, memodifikasi, menghubungkan, menghitung dan lain-lain.
Contoh:
Jika landasan BIM di peta 2,5 cm, skala peta 1:100.000. berapakah panjang landasan BIM sebenarnya?


4.      Analisis
Soal analisis biasanya dimulai dengan kasus atau pernyataan yang dibuat sendiri oleh pembuat soal. Kata-kata yang digunakan atau kemampuan yang dituntut antara lain memerinci, membedakan, menyimpulkan, membagi, memisahkan.
Contoh:
Berikut ini yang merupakan factor-faktor yang mempengaruhi radiasi matahari adalah;…

5.      Sintesis
Soal biasanya juga dimulai dengan sebuah kasus. Kasus yang dibuat dalam soal analisis juga bisa digunakan dalam soal tingkatan sintesis.

6.      Evaluasi
Soal evaluasi adalah soal didahului oleh kasus dan peserta didik menela’ah kasus tersebut berdasarkan hukum, dalil, prinsip kemudian mengadakan penilaian baik atau tidak didasarkan atas benar salah. Soal evaluasi dominant dalam bentuk esai.
Contoh:
Bagaimanakah kondisi morfologi lembah anai?dan jelaskan tingkat potensi longsor di daerah tersebut!




Tidak ada komentar: